Barangsiapa meninggal dunia dan
padanya terdapat kewajiban shalat maka tidak ada qadha dan bayar fidyah.
(
فائدة ) من مات وعليه صلاة فلا قضاء ولا فدية، وفي قول كجمع مجتهدين: أنها تقضى عنه، لخبر
البخاري وغيره.
ومن ثم اختاره جمع من أئمتنا، وفعل به السبكي عن بعض أقاربه، ونقل ابن
برهان عن القديم أنه يلزم الولي إن خلف تركة أن يصلى عنه كالصوم، وفي وجه عليه كثيرون
من أصحابنا أنه يطعم عن كل صلاة مدا. وقال المحب الطبري: يصل للميت كل عبادة تفعل واجبة
أو مندوبة.
FAEDAH
Barangsiapa meninggal dunia dan padanya terdapat
kewajiban shalat maka tidak ada qadha dan bayar fidyah.
Menurut segolongan para mujtahid sesungguhnya
shalatnya juga diqadhai berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan lainnya
karenanya segolongan imam cenderung memilih pendapat ini dan Imam Subky juga
mengerjakannya untuk sebagian kerabat-kerabat beliau.
Ibn Burhan menuqil dari qaul qadim wajib bagi
wali bila mayit meninggalkan warisan untuk menshalati atas namanya seperti
halnya puasa, sebagian ulama pengikut syafi’i memilih dengan mengganti setiap
satu shalat satu mud.
Syekh Muhib at-Thabry berkata “Akan sampai pada
mayat setiap ibadah yang dikerjakan baik berupa ibadah wajib ataupun sunah”
I’aanah at-Thoolibiin I/24
)فائدة ) من مات
وعليه صلاة فلا قضاء ولا فدية وفي قول كجمع مجتهدين أنها تقضى عنه لخبر البخاري
yang dikehendaki dengan khabar (hadits) Imam
Bukhari adalah sebagaimana dalam Muqaddimah Syarah Shahih Muslim, Linnawawi,
juz I halaman 25
وَفِي صَحِيح الْبُخَارِيّ فِي بَاب مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ
نَذْرٌ أَنَّ اِبْن عُمَرَ أَمَرَ مَنْ مَاتَتْ أُمُّهَا وَعَلَيْهَا صَلَاةٌ أَنْ
تُصَلِّيَ عَنْهَا . وَحَكَى صَاحِب الْحَاوِي عَنْ عَطَاء بْن أَبِي رَبَاح وَإِسْحَاق
بْن رَاهْوَيْهِ أَنَّهُمَا قَالَا بِجَوَازِ الصَّلَاة عَنْ الْمَيِّت . وَقَالَ الشَّيْخُ
أَبُو سَعْد عَبْد اللَّه بْن مُحَمَّد بْن هِبَة اللَّه بْن أَبِي عَصْرُون مِنْ أَصْحَابنَا
الْمُتَأَخِّرِينَ فِي كِتَابه الِانْتِصَار إِلَى اِخْتِيَار هَذَا
Adapun shahih Bukharinya di juz 16
halaman 588
بَاب مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ نَذْرٌ وَأَمَرَ ابْنُ عُمَرَ
امْرَأَةً جَعَلَتْ أُمُّهَا عَلَى نَفْسِهَا صَلَاةً بِقُبَاءٍ فَقَالَ صَلِّي عَنْهَا
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ نَحْوَهُ
Dan didalam shahih Bukhari pada Bab orang yang
meninggal, sementara dia mempunyai kewajiban membayar nadzar sesungguhnya Ibnu
Umar memerintahkan seorang wanita yang ditinggal mati ibunya, sementara sang
ibu mempunyai tanggungan kewajiban shalat, si wanita tsb agar melakukan sholat
untuknya.
Shahibul Hawi menghikayahkan dari Imam Atha` bin Abi Rabah dan Imam Ishaq bin
Rahawaih, bahwasanya keduanya berpendapat bolehnya melakukan sholat untuk
mayit. Syeikh Abu Sa'd Abdullah bin Muhammad bin Hibatullah bin Abi Ashrun,
termasuk ashab mutaakhkhirin kami dalam kitab al Intishar menyokong pendapat
ini
Wallaahu A'lam
ADS HERE !!!