1. Mujtahid
Yang Berijtihad Sendiri (Mujtahid Mustaqill)
Mujtahid
mustaqill ialah mujtahid yang mampu membuat kaidah untuk dirinya sendiri. Dia
membina hukum-hukum fikih di atas pondasi kaidah-kaidah tersebut. Kategori ini
seperti yang diemban oleh Imam Madzhab yang empat. Ibnu ‘Abidin menamakan thabaqah
(tingkat) ini sebagai thabaqah al-Mujtahidin dalam syara’.
2. Mujtahid
Mutlak Yang Tidak Berijtihad Sendiri (Mujtahid Muthlaq Ghairu Mustaqill)
Mujtahid
Muthlaq Ghairu Mustaqill ialah mujtahid yang memiliki syarat-syarat berijtihad
yang dimiliki mujtahid mustaqill, tetapi dia tidak mencipta kaidah-kaidah
sendiri, melainkan dia mengikuti cara salah seorang dari para Imam Mujtahid.
Jadi, mereka sebenarnya muntasib (mengikuti) bukan mustaqill (berdiri
sendiri).
Contohnya,
adalah murid-murid para Imam Empat seperti; Abu Yusuf, Muhammad, Dan Zufar Dari
Golongan Hanafi. Ibnul Qasim, Asyhab, Asad Ibnul Furat dari Madzhab Maliki. Al-Buwaiti
dan al-Muzani dari Madzhab Syafi’i. Dan seperti Abu Bakar Al-Marwazi dari Madzhab
Hambali.
Ibnu ‘Abidin
menamakan tingkat ini sebagai Thabaqah al-Mujtahidin dalam madzhab. Mereka
berupaya mengeluarkan hukum-hukum dari dalil-dalil syara’ menurut yang
ditetapkan oleh guru mereka dalam mengeluarkan hukum. Meskipun dalam sebagian
hukum, mereka berbeda pendapat dengan guru mereka, akan tetapi mereka
mengikutinya dalam kaidah-kaidah yang utama. Beberapa Ulama telah mengemukakan
bahwa kedua tingkatan ini telah pupus dan tidak lagi ada dikarenakan betapa
tinggi standar pesaratannya.
3. Mujtahid
Muqayyad
Mujtahid
muqayyad disebut juga dengan mujtahid dalam masalah-masalah yang tidak ada nash
dari Imam Madzhab atau Mujtahid At-Takhrij. Mereka adalah seperti; Al-Khashshaf,
Ath-Thahawi, Al-Karkhi, Al-Hilwani, As-Sarakhsi, Al-Bazdawi, Dan Qadi Khan Dari
Madzhab Hanafi, Seperti Juga Al-Abhari, Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani dari Madzhab
Maliki. Abi Ishaq Asy-Syirazi, Al-Marwazi, Muhammad Bin Jabir, Abu Nashr, dan Ibnu
Khuzaimah dari Madzhab Syafi’iyah. Seperti Qadi Abu Ya’la dan Qadi Abu Ali bin
Abu Musa dari Madzhab Hambali.
Mereka
semua dinamakan Ashabul Wujuh, sebab melahirkan hukum-hukum yang tidak
dinashkan oleh imam (madzhab). Perbuatan mereka dinamakan satu wajh dalam
madzhab atau satu pendapat (ra’yun) dalam madzhab. Pendapat-pendapat ini
dinisbatkan kepada para imam ini, bukan kepada imam pencetus madzhab. Hal ini
banyak terjadi pada madzhab Syafi’iyah dan Hambaliyah.
4. Mujtahid
Tarjih
Mujtahid
Tarjih yaitu Mujtahid yang mampu menguatkan pendapat yang dikeluarkan oleh Imam
Madzhab dari pendapat-pendapat yang dikeluarkan oleh Imam Madzhab dari
pendapat-pendapat yang lain. Atau, yang mampu melakukan tarjih di antara apa
yang dikatakan oleh imam, dan apa yang dikatakan oleh murid-muridnya ataupun
oleh para imam yang lain.
Jadi,
dia berusaha menguatkan sebagian riwayat yang lain. Misalnya al-Qaduri dan al-Marghinani,
pengarang kitab al-hidayah dari Madzhab Hanafi. Seperti al-‘Allamah Khalid dari
golongan Ulama Maliki. Seperti Ar-Rafi’i dan An-Nawawi dari golongan Ulama Syafi’iyah
dan seperti al-Qadhi Alauddin al-Mardawi, Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad
Al-Kaludzani Al-Baghdadi (510 h) mujtahid dari Madzhab Hambali.
5.
Mujtahid Fatwa
Yaitu,
seorang mujtahid yang berpegang kuat dengan Madzhab, menerima dan
menyampaikannya kepada orang lain, serta memberi penjelasan dalam
perkara-perkara yang jelas dan dalam perkara-perkara yang musykil. Dia membuat
perbedaan di antara pendapat yang paling kuat, yang kuat, yang lemah, yang
rajih, dan yang marjuh. Tetapi dia mempunyai kelemahan dalam menguraikan dalil
dan mengemukakan perbanbandingan (qiyas). Mereka adalah terdiri atas para
penulis kitab pada zaman mutakhir seperti pengarang kitab Al-Kanz; pengarang
ad-Durr al-Mukhtar, pengarang al-Wqayah, pengarang Majma’ Al-Anhar dari
golongan ulama Hanafi, dan seperti Ar-Romli dan Ibnu Hajar dari golongan Ulama
Syafi’iyah.
6.
Thabaqat Muqallidin
Al-muqallidun
ialah orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan antara
pendapat yang lemah dan yang kuat, serta tidak dapat membedakan antara yang
rajih dan yang marjuh
Selain
itu,Jumhur Ulama tidak membedakan antara Mujtahid Muqayyad dengan Mujtahid Takhrij
sedangkan Ibnu ‘Abidin meletakkan Thabaqat Mujtahid Takhrij di tempat yang ke
empat setelah Mujtahid Muqayyad dengan memberi contoh seperti Ar-Razi
Al-Jashshash (w. 370 H) dan yang setingkat dengannya.
Ketentuan diatas
sebagaimana yang disebutkan dalam: Al-Fiqh Al-Islam wa Adillatuhu Juz 1
hal. 46-48