Nama: Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan bin
Bahr
Kuniyah beliau: Abu Abdirrahman
Nasab beliau: An Nasa`i dan An Nasawi, yaitu
nisbah kepada negri asal beliau, tempat beliau di lahirkan. Satu kota bagian
dari Khurasan.
Tanggal lahir: tahun 215 hijriah
Sifat-sifat beliau: An Nasa`i merupakan seorang
lelaki yang ganteng, berwajah bersih dan segar, wajahnya seakan-akan lampu yang
menyala. Beliau adalah sosok yang karismatik dan tenang, berpenampilan yang
sangat menarik.
Kondisi itu karena beberapa faktor, diantaranya;
dia sangat memperhatikan keseimbangan dirinya dari segi makanan, pakaian, dan
kesenangan, minum sari buah yang halal dan banyak makan ayam.
Aktifitas beliau dalam menimba ilmu
Imam Nasa`i memulai menuntut ilmu lebih dini,
karena beliau mengadakan perjalanan ke Qutaibah bin Sa’id pada tahun 230
hijriah, pada saat itu beliau berumur 15 tahun. Beliau tinggal di samping
Qutaibah di negrinya Baghlan selama setahun dua bulan, sehingga beliau dapat
menimba ilmu darinya begitu banyak dan dapat meriwayatkan hadits-haditsnya.
Imam Nasa`i mempunyai hafalan dan kepahaman yang
jarang di miliki oleh orang-orang pada zamannya, sebagaimana beliau memiliki
kejelian dan keteliatian yang sangat mendalam. maka beliau dapat meriwayatkan
hadits-hadits dari ulama-ulama kibar, berjumpa dengan para imam huffazh dan
yang lainnya, sehingga beliau dapat menghafal banyak hadits, mengumpulkannya
dan menuliskannya, sampai akhirnya beliau memperoleh derajat yang pantas dalam
disiplin ilmu ini.
Beliau telah menulis hadits-hadits dla’if,
sebagaimana beliaupun telah menulis hadits-hadits shahih, padahal pekerjaan ini
hanya di lakukan oleh ulama pengkritik hadits, tetapi imam Nasa`i mampu untuk
melakukan pekerjaan ini, bahkan beliau memiliki kekuatan kritik yang detail dan
akurat, sebagaimana yang di gambarkan oleh al Hafizh Abu Thalib Ahmad bin
Sazhr; ‘ siapa yang dapat bersabar sebagaimana kesabaran An Nasa`i? dia
memiliki hadits Ibnu Lahi’ah dengan terperinci – yaitu dari Qutaibah dari Ibnu
Lahi’ah-, maka dia tidak meriwayatkan hadits darinya.’ Maksudnya karena kondisi
Ibnu Lahi’ah yang dla’if.
Dengan ini menunjukkan, bahwa tendensi beliau
bukan hanya memperbanyak riwayat hadits semata, akan tetapi beliau berkeinginan
untuk memberikan nasehat dan menseterilkan syarea’at (dari bid’ah dan hal-hal
yang diada-adakan)
Sebagaimana imam Nasa`i selalu berhati-hati dalam
mendengar hadits dan selalu selektif dalam meriwayatkannya. Maka ketika beliau
mendengar dari Al Harits bin Miskin, dan banyak meriwayatkan darinya, akan
tetapi beliau tidak mengatakan; ‘telah menceritakan kepada kami,’ atau ‘telah
mengabarkan kepada kami,’ secara serampangan, akan tetapi dia selalu berkata;
‘dengan cara membacakan kepadanya dan aku mendengar.’ Para ulama menyebutkan,
bahwa faktor imam Nasa`i melakukan hal tersebut karena terdapat kerenggangan
antara imam Nasa`i dengan Al Harits, dan tidak memungkinkan baginya untuk
menghadiri majlis Al Harits, kecuali beliau mendengar dari belakang pintu atau
lokasi yang memungkinkan baginya untuk mendengar bacaan qari` dan beliau tidak
dapat melihatnya.
Rihlah beliau
Imam Nasa`i mempunyai lawatan ilmiah cukup luas,
beliau berkeliling kenegri-negri Islam, baik di timur maupun di barat, sehingga
beliau dapat mendengar dari banyak orang yang mendengar hadits dari para hafizh
dan syaikh.
Di antara negri yang beliau kunjungi adalah
sebagai berikut;
1. Khurasan
2. Iraq; Baghdad, Kufah dan Bashrah
3. Al Jazirah; yaitu Haran, Maushil dan
sekitarnya.
4. Syam
5. Perbatasan; yaitu perbatasan wilayah negri
islam dengan kekuasaan Ramawi
6. Hijaz
7. Mesir
Guru-guru beliau
Kemampuan intelektual Imam Nasa’i menjadi matang
dan berisi dalam masa lawatan ilmiahnya. Namun demikian, awal proses
pembelajarannya di daerah Nasa’ tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena
di daerah inilah, beliau mengalami proses pembentukan intelektual, sementara
masa lawatan ilmiahnya dinilai sebagai proses pematangan dan perluasan
pengetahuan.
Di antara guru-guru beliau, yang teradapat
didalam kitab sunannya adalah sebagai berikut;
1. Qutaibah bin Sa’id
2. Ishaq bin Ibrahim
3. Hisyam bin ‘Ammar
4. Suwaid bin Nashr
5. Ahmad bin ‘Abdah Adl Dabbi
6. Abu Thahir bin as Sarh
7. Yusuf bin ‘Isa Az Zuhri
8. Ishaq bin Rahawaih
9. Al Harits bin Miskin
10. Ali bin Kasyram
11. Imam Abu Dawud
12. Imam Abu Isa at Tirmidzi
Dan yang lainnya.
Murid-murid beliau
Murid-murid yang mendengarkan majlis beliau dan
pelajaran hadits beliau adalah;
1. Abu al Qasim al Thabarani
2. Ahmad bin Muhammad bin Isma’il An Nahhas an
Nahwi
3. Hamzah bin Muhammad Al Kinani
4. Muhammad bin Ahmad bin Al Haddad asy Syafi’i
5. Al Hasan bin Rasyiq
6. Muhmmad bin Abdullah bin Hayuyah An Naisaburi
7. Abu Ja’far al Thahawi
8. Al Hasan bin al Khadir Al Asyuti
9. Muhammad bin Muawiyah bin al Ahmar al Andalusi
10. Abu Basyar ad Dulabi
11. Abu Bakr Ahmad bin Muhammad as Sunni.
Dan yang lainnya
Persaksian para ulama terhadap beliau
Dari kalangan ulama seperiode beliau dan murid-muridnya
banyak yang memberikan pujian dan sanjungan kepada beliau, diantara mereka yang
memberikan pujian kepada beliau adalah;
1. Abu ‘Ali An Naisaburi menuturkan; ‘beliau
adalah tergolong dari kalangan imam kaum muslimin.’ Sekali waktu dia
menuturkan; beliau adalah imam dalam bidang hadits dengan tidak ada
pertentangan.’
2. Abu Bakr Al Haddad Asy Syafi’I menuturkan;
‘aku ridla dia sebagai hujjah antara aku dengan Allah Ta’ala.’
3. Manshur bin Isma’il dan At Thahawi menuturkan;
‘beliau adalah salah seorang imam kaum muslimin.’
4. Abu Sa’id bin yunus menuturkan; ‘ beliau
adalah seorang imam dalam bidang hadits, tsiqah, tsabat dan hafizh.’
5. Al Qasim Al Muththarriz menuturkan; ‘beliau
adalah seorang imam, atau berhak mendapat gelar imam.’
6. Ad Daruquthni menuturkan; ‘Abu Abdirrahman
lebih di dahulukan dari semua orang yang di sebutkan dalam disiplin ilmu ini
pada masanya.’
7. Al Khalili menuturkan; ‘beliau adalah seorang
hafizh yang kapabel, di ridlai oleh para hafidzh, para ulama sepakat atas
kekuatan hafalannya, ketekunannya, dan perkataannya bisa dijadikan sebagai
sandaran dalam masalah jarhu wa ta’dil.’
8. Ibnu Nuqthah menuturkan; ‘beliau adalah
seorang imam dalam disiplin ilmu ini.’
9. Al Mizzi menuturkan; ‘beliau adalah seorang
imam yang menonjol, dari kalangan para hafizh, dan para tokoh yang terkenal.’
Hasil karya beliau
Imam Nasa`i mempunyai beberapa hasil karya,
diantaranya adalah;
1. As Sunan Ash Shughra
2. As Sunan Al Kubra
3. Al Kuna
4. Khasha`isu ‘Ali
5. ‘Amalu Al Yaum wa Al Lailah
6. At Tafsir
7. Adl Dlu’afa wa al Matrukin
8. Tasmiyatu Fuqaha`i Al Amshar
9. Tasmiyatu man lam yarwi ‘anhu ghaira rajulin
wahid
10. Dzikru man haddatsa ‘anhu Ibnu Abi Arubah
11. Musnad ‘Ali bin Abi Thalib
12. Musnad Hadits Malik
13. Asma`u ar ruwah wa at tamyiz bainahum
14. Al Ikhwah
15. Al Ighrab
16. Musnad Manshur bin Zadzan
17. Al Jarhu wa ta’dil
Wafatnya beliau
Setahun menjelang kemangkatannya, beliau pindah
dari Mesir ke Damsyik. Dan tampaknya tidak ada konsensus ulama tentang tempat
meninggal beliau. Al-Daruqutni mengatakan, beliau di Makkah dan dikebumikan
diantara Shafa dan Marwah. Pendapat yang senada dikemukakan oleh Abdullah bin
Mandah dari Hamzah al-’Uqbi al-Mishri.
Sementara ulama yang lain, seperti Imam
al-Dzahabi, menolak pendapat tersebut. Ia mengatakan, Imam al-Nasa’i meninggal
di Ramlah, suatu daerah di Palestina. Pendapat ini didukung oleh Ibn Yunus, Abu
Ja’far al-Thahawi (murid al-Nasa’i) dan Abu Bakar al-Naqatah.
Menurut pandangan terakhir ini, Imam al-Nasa’i meninggal
pada tahun 303 H dan dikebumikan di Bait al-Maqdis, Palestina. Inna lillah wa
Inna Ilai Rajiun. Semoga jerih payahnya dalam mengemban wasiat Rasullullah guna
menyebarluaskan hadis mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah. Amiiin.