Menurut ilmu kedokteran, INFUS adalah memasukkan
cairan ke dalam tubuh dengan jarum infuse melalui pembuluh darah balik (vena)
kemudian ke jantung dan dipompa sehingga menyebar ke seluruh jaringan/sel-sel
tubuh. Dalam anatomi tubuh, di dalam usus besar terdapat banyak jaringan
pembuluh
darah yang menyerap sari-sari makanan, kemudian
dikirim ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah
arteri.Kemudian darah yang sudah tidak membawa sari makanan kembali lagi ke
jantung melalui pembuluh darah balik (vena). Melihat keadaan tersebut, berarti
ada hubungan langsung antara usus besar dengan pembuluh darah.
Di dalam Kitab al-Bajuri I/291 dijelaskan bahwa,
yang membatalkan puasa bukan hanya masuknya sesuatu melalui lubang tubuh yang
terbuka permanen (المنفتح اصالة), tapi juga yang melalui lubang tubuh yang terbuka insidentil (المنفتح عرضا),
seperti kantong otak yang terluka. Di dalam kitab tersebut juga disebutkan
bahwa, istilah جوف bukan hanya untuk rongga tubuh yang mempunyai kekuatan merubah
makanan (قوةإحالة الغذاء والدواء), tapi jalan yang menuju ke rongga tersebut (طريقا للذي يحيل الغذاء)
juga termasuk جوف , seperti kantong kencing (مثانة), kantong otak (خريطة
الدماغ). Benda apapun yang
masuk ke rongga tersebut melalui luka/tusukan yang disengaja dapat membatalkan
puasa.
Pertanyaan:
a. Dapatkah pembuluh darah yang dimasuki jarum
infus dimasukkan dalam kriteria جوف , mengingat berhubungan erat dengan usus
besar, sehingga apakah bisa dikatakan (طريقا للذي يحيل
الغذاء) dan apabila ditusuk
dengan jarum apakah juga termasuk (المنفتح عرضا)? Sebagai perbandingan, saluran
kencing/susu احليل)) saja dimasukkan kriteria جوف.
b. Apabila tidak, mohon dijelaskan!. Apabila ya,
berarti orang puasa yang diinfus, puasanya batal. Kenyataannya melalui jarum
infus orang menghabiskan beberapa liter cairan. Jadi apabila pembuluh darah
sekedar disamakan dengan pori-pori kulit (المسام) mungkin kurang bisa diterima.
Jawaban :
a. Tidak dapat dimasukkan dalam kriteria جوف.
b. Pembuluh darah tidak dapat dikategorikan
lubang tembus (منفذ) yang menuju جوف karena masuknya sesuatu ke dalam tubuh yang dapat membatalkan
puasa apabila masuk melalui منفذ baik melalui lubang tubuh yang terbuka permanen (المنفتح اصالة)
ataupun yang terbuka insidentil (المنفتح عرضا). Oleh karena itu masuknya cairan melalui
pembuluh darah dapat disamakan dengan masuk melalui pori-pori tubuh karena
keduanya bukan merupakan منفذ sehingga tidak membatalkan puasa.
Referensi :
1. al-Bajuri, Juz I, Hal. 290-291
2. Fathu al-Wahhab, Juz I, Hal. 120
3. Syarwani, Juz III, Hal. 403
4. Yas’alu_nak fi al-Dien wa al-Hayah, Juz IV,
Hal. 140-141
5. Hawasyi al-Madaniyah, Juz II, Hal. 176
وعبارته :
وثانيها ما وصل عمدا الى الجوف المنفتح أو غير المنفتح
كالوصول من مأمومة الى الرأس. قوله الى الجوف المنفتح أي اصالة انفتاحا ظاهرا محسوسا
فلا يضر وصول الكحل من العين أو الدهن أو ماء الاغتسال وان وجد له اثرا بباطنه بتشرب
المسام وهي ثقب الجسد جمع سم بتثليث السين والفتح افصح لان ذلك ليس من منفذ مفتوح انفتاحا
ظاهرا محسوسا لان انفتاح المسام لا يحس وقوله غير المنفتح أي اصالة فلا ينافى أنه منفتح
عرضا بواسطة جرح ولذلك جعلوا المنفتح قيدا ليخرج ما وصل من المسام ويدل على كون المراد
ذلك قوله كلوصول من مأمومة الى الرأس فان المأمومة بالهمز جرح يصل الى خريطة الدماغ
قفد صدق على ذلك أنه منفتح عرضا -الى ان قال- قوله الى ما يسمى جوفا أي وان لم يكن
فيه قوة احالة الغداء والدواء كحلق ودماغ وباطن اذن وبطن واحليل ومثانة بمثلثه وهي
مجمع البول لكن لا بد ان يكون شأنه أن يحيل ذلك أو طريقا للذي يحيله بخلاف نحو داخل
ورك وفخد اهـ
(الباجوري،
جـ1، صـ 290-291(
وترك وصول عين لا ريح ولا طعم من ظاهر من منفذ مفتوح
جوف من مر اي غير جاهل معذور ذاكرا مختارا وإن لم يكن فى الجوف قوة تحيل الغذاء أو
الدواء كحلق ودماغ وباطن أذن وإحليل وبطن ومثانة بمثلثة وهي مجمع البول وقولي من من
زيادتي على الأصل فلا يضر وصول دهن أو كحل بتشرب مسام جوفه كما لا يضر اغتساله بالماء
وإن وجد له اثرا بباطنه بجامع أن الواصل اليه ليس من منفذ وإنما هو من المسام جمع سم
بتثليث السين والفتح افصح اهـ
(فتح الوهاب، جـ 1، صـ 120(
وشرطه الواصل كونه فى منفد مفتوح فلا يضر وصول الدهن
بتشرب المسام وهي ثقب لطيفة جدا لا تدرك كما لوطلي رأسه او بطنه به وان وجد أثره بباطنه
كما لو وجد أثر ما اغتسل به ولا الاكتحال وان وجد لونه فى نحو نحامة وطعمه بحلقه اذ
لا منفذ من عينه لحلقه فهو كالواصل من المسام.
(شروانى،
جـ 3، صـ 403(
السؤل: هل يجوز حقن المريض الصائم؟ وهل يجوز الاعتماد
على التقويم فى تجديد مواعيد الصيام مثل اول رمضان وعيد الفطر لأننا نعتمد فى حياتنا
اليومية على هذا التقويم؟
الجواب: يباح للصائم أخذ الحقن أثناء صومه لا يفسد الصوم
بذلك سواء أكانت الحقنة تحت الجلد أو فى الوصلات أو فى سائر الجسم وسواء أكانت للتداوي
أو للتخدير وفى أي موضع من البدن فالحقن بجميع انواعه لا تفطر وقد نص فقهاء الحنفية
على ان ما يدخل الجسم اذا لم يصل الى الجسم أو الدماغ أو وصل الى احدهما عن طريق المسام
لا يفطر الصائم وقد أفتت بذلك لحتة الفتوى فى الأزهر الشريف سنة 1948. وقال فى فتواها
ان ما وصل الى الجوف من غير المنافذ الطبيعية لا يفطر لأنه أرفق بالناس وعليه لا يفطر
الصائم بالحقن المعروفة الأن بجميع انواعها سواء أكانت للدواء أو الفداء يصل بها الى
الجوف ام لا، اما اذا لم يصل فالأمر ظاهر وان وصل فانما يصل من منفذ عارض خلقي. (يسئلونك
فى الدين والحياة، جـ 1، صـ 140-141(
ولا يضر بتشرب المسام بالدهن والكحل والاغتسال فلا يفطر
بذلك وان وصل جوفه لأنه لما لم يصل من منفذ مفتوح كان فى حيز العفو. (حواشى المدانية،
جـ2، صـ 176(
ADS HERE !!!